Senin, November 28, 2011

Review : Industrialisasi Pangan Pedesaan (IPP)

JURUSAN Teknologi Industri Pangan mengadakan acara yang bernama Industrialisasi Pangan Pedesaan(IPP). Acara IPP yang diketuai oleh Adam Kuncoro Prakoso ini bertujuan untuk terciptanya masyarakat yang mandiri dengan usahanya yang dilandasi inovasi dan strategi pasar yang baik dan tepat. Acara IPP ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap Opening Ceremony yang diadakan tanggal 22 Oktober 2011, tahap kedua adalah tahap Marketing Competition yang diadakan tanggal 13 November 2011, dan tahap ketiga adalah tahap Summit IPP yang diadakan tanggal 19 November 2011. Orang- orang yang terlibat bukan hanya mahasiswa TIP saja, akan tetapi warga desa Cileles dari RW 1-8 terutama ibu-ibunya yang telah dibagi menjadi empat tim. Pada acara ini tiap 2 RW dibuat menjadi satu kelompok yang tiap kelompoknya harus membuat makanan yang berbahan dasar jagung. Koordinator dari kelompok 1-4 adalah Annisa Krama, Rizki Udhiyah, Agil Pratama, dan Muhammad Aghni Fauzan yang juga menjabat menjadi Wakil Ketua IPP 2011. Acara IPP pada hari Minggu, 13 November 2011 dimulai pukul 06.00 WIB. Walaupun demikian, semangat dari panitia IPP terutama bidang logistik yang mengebu-gebu membuat persiapan tempat dan peralatan untuk acara ini siap pukul 04.00 WIB. Acara ini diawali saat semua ibu-ibu sudah siap mempromosikan dan menjual makanan yang mereka buat bersama mahasiswa-mahasiswi TIP. Ibu-ibu dari desa Cileleus sangat bersemangat menjualnya, mulai dari memanggil semua orang yang lewat untuk ke stand mereka, sampai dengan berjalan-jalan di depan stand untuk mempromosikannya langsung ke pembeli. Hal ini membuat mahasiswa-mahasiswi bersemangat untuk membantu ibu-ibunya. Setelah satu jam pertama, mahasiswa-mahasiwi TIP boleh membantu ibu-ibu untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Semua peserta sangat bersemangat sampai-sampai ada mahasiswa yang membawa sepedanya untuk menyebarkan flyer sambil membantu para ibu-ibu menjual produk kelompoknya. Melihat hal tersebut, kelompok yang lainnya tidak mau kalah, para mahasiwa akhirnya berjalan ke atas membawa spanduk, menawarkan tester, memberikan flyer, dan menjualkan produk mereka. Masyarakat yang sedang berada di Pasar Unpad pun tertarik dengan keunikan dan semangat yang dipersembahkan ibu-ibu warga Cileles dan mahasiswa TIP Unpad. Walaupun dalam prosesnya terdapat masalah dan kekurangan, hal tersebut dapat ditangani dengan sangat baik oleh panitia, sehingga hasil yang dicapai lebih baik daripada target awal. Keberhasilan tersebut dibuktikan dari terjual habisnya semua produk yang dijual setiap kelompok dalam waktu kurang dari yang diperkirakan. Hasil yang didapat menunjukan betapa bersemangatnya ibu-ibu warga Cileles dan mahasiswa-mahasiwi TIP, serta pasrtisipasi yang baik dari masyarakat sekitar. Sabtu, 19 November 2011 merupakan acara puncak dari rangkaian acara IPP. Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan dari Ketua IPP 2011, Ketua Hima, dan Bapak Bambang Nurhadi, STP., M.Sc., selaku Pembantu Dekan III. Dalam acara ini, warga Cileles dan panitia mendapatkan banyak ilmu mengenai optimasi produktivitas, strategi pemasaran produk unggulan lokal, dan kemandirian dalam berusaha. Ilmu yang dibagikan, langsung dari pakarnya, yaitu Bapak Dr.Ir.Ridwan Rachmat,Magr yang menjabat sebagai Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Litbang Pasca Panen serta Bapak Ali Bagus Antra Suantra sebagai Owner Bebek Garang. Diakhir acara Ketua IPP, Adam Kuncoro Prakoso akan memberikan hadiah bagi pemenang-pemenang lomba IPP dan plakat bagi warga Cileles yang telah berpatisipasi dengan baik pada acara IPP tahun 2011. Juara 1 dalam Marketing Competition dimenangkan oleh kelompok 4, juara kedua dimenangkan oleh kelompok 3, dan juara ketiga dimenangkan oleh kelompok 1. Menurut Ketua IPP, Adam Kuncoro, semua kekurangan dan kelebihan adalah kelebihan untuk menjadi lebih baik dan maju di kesempatan selanjutnya. Selamat buat para pemenang dan terima kasih untuk warga Cileles yang telah berperan aktif dalam acara IPP tahun ini.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More